Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Myanmar. Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha
POJOK BATAM.ID – Pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia, Paus Fransiskus, terlambat menyampaikan khotbah dalam misa mingguan di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Minggu (1/9). Meski terlambat, ia tetap memimpin misa dan menjelaskan alasannya kepada umat yang memenuhi Lapangan Santo Petrus tersebut.
Ternyata, saat menuju altar, Paus sempat terjebak di dalam lift selama 25 menit. Umat cukup kaget mendengar penjelasan Paus ini.
“Aku harus minta maaf,” kata Paus Fransiskus sembari tersenyum di depan para jemaah sebelum memulai homilinya dalam misa mingguan tersebut, dilansir Reuters.
Paus Fransiskus sempat terjebak selama sekitar 25 menit karena ada sedikit masalah listrik dalam lift tersebut. Akhirnya, ia bisa dikeluarkan oleh petugas pemadam kebakaran dan harus menunda pidato rutinnya selama 10 menit.
Ia pun mengajak umat untuk memberikan ucapan terima kasih kepada pemadam kebakaran yang sudah menyelamatkannya.
“Tepuk tangan untuk para pemadam kebakaran,” ucapnya sambil disambut tepuk tangan para jemaah.
Paus Fransiskus adalah Paus ke-266. Ia dilantik menjadi pemimpin Gereja Katolik dan kepala negara Kota Vatikan pada 13 Maret 2013 menggantikan Paus Benediktus XVI.
Ia adalah orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih menjadi Paus. Tak hanya itu, ia juga menjadi Paus non-Eropa pertama sejak Paus Gregorius III dari Suriah wafat di tahun 741.
Editor: HEY
Sumber: Kumparan