Mantan perokok ini nyaris kehilangan sebelah paru-parunya (Foto: Facebook/Nikoannd)Mantan perokok ini nyaris kehilangan sebelah paru-parunya (Foto: Facebook/Nikoannd)

 

 

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Niko Rizy Ananda dari Lampung masih belum pulih ketika paru-parunyapada bulan Juli lalu kolaps. Pria berumur 24 tahun tersebut viral di media sosial ketika mengunggah foto dan video saat dirinya dirawat berpesan agar orang lain berhenti merokok.

“Minta do’a nya kawan,biar niko kuat dan cepet sembuh. Buat kalian yg masih merokok niko yg udah ngerasain gimana rasanya saat paru2 kalian ngga berfungsi. Sumpah rasanya sakit dan cara ngobatinnya bakalan nyiksa kalian berhari2,” tulis Niko di Facebook yang kini telah dibagikan lebih dari 20 ribu kali.

Istri Niko, Dea (23), bercerita bahwa Niko tadinya memang seorang perokok yang sehari bisa menghabiskan satu bungkus. Hingga tiba-tiba saja pada hari Senin (29/7) Niko mengeluh sakit di dada yang semakin lama makin sakit.

“Aku pikir cuma masuk angin biasa tapi semakin sakit semakin pucet. Sore aku bawa ke klinik dirontgen dan hasilnya nyatain kalau di dalam paru-paru dia ada angin yang bikin kolaps paru-paru sebelah kiri,” ungkap Dea pada detikHealth, Selasa (27/8/2019).

Niko yang langsung dirujuk ke rumah sakit harus ikhlas ketika dokter mengebor dan memasang selang pada paru-parunya. Menurut Dea suaminya didiagnosis dengan kondisi pneumothorax spontan dan disarankan oleh dokter agar berhenti merokok.

“Paru dia dibor, sampai sekarang kena asap jadi engap,” kata Dea.

“Dia harus rajin tiup balon, setiap dia tiup balon ada cairan kotor yang keluar masuk ke dalam jeriken yang harus dibawa kemanapun saat itu. Dia harus rajin tiup balon agar paru-parunya berkembang. Kalau paru-parunya enggak berkembang dia akan hidup dengan satu paru-paru,” lanjutnya.

Niko sendiri mengaku hingga kini kondisinya masih belum pulih total meski sudah dibolehkan pulang dan selang dicabut dari dada.

“Masih sedikit kerasa di bagian dada,” pungkas Niko.

Editor: HEY
Sumber: detikHealth