Foto: IstimewaFoto: Istimewa

 

 

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Membuat omelet buat sarapan tidak terlalu sulit. Apalagi memasak telur tak perlu waktu lama. Coba saja ikuti langkah-langkah pembuatannya di sini.

Untuk membuat omelet bisa memakai telur ayam negeri atau telur ayam kampung. Karena telur ayam kampung lebih kecil ukurannya, untuk 2 butir telur ayam negeri bisa digantikan 3 butir telur ayam kampung. Sebaiknya gunakan telur ayam dalam suhu ruangan.

Sebagai bahan isian omelet, bisa dipakai sayuran seperti wortel yang diiris kecil panjang, jamur yang diiris tipis atau daun bawang yang diiris kasar. Isian lainnya yang bisa ditambakan berupa daging olahan seperti sosis, bakso atau daging asap.

Cukup 10 Menit Bikin Omelet Isi yang Gurih EnakFoto: Get Cracking

1. Untuk membuat 1 buah omelet, siapkan 2 butir telur ayam negeri atau 3 butir telur ayam kampung. Sebagai isiannya bisa disiapkan 1 lembar daging asap yang diiris tipis, atau 1 buah sosus yang diris kasar, 1 sdm wortel yang diris kecil panjang atau 2 sdm jamur kancing yang diiris tipis.

Jika memakasi sayuran yang keras sebaiknya tumis sebentar sayuran dengan sedikit minyak hingga layu. Ini agar rsanya lebih enak dan juicy saat dimasukkan dalam omelet.

2. Kocok telur hingga lepas, beri 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Kocok hingga rata.

Cukup 10 Menit Bikin Omelet Isi yang Gurih EnakFoto: iStock

3. Panaskan wajan datar 20 cm, olesi sedikit minyak. Tuangkan telur kocok ke dalam wajan hingga rata. Kecilakan api dan diamkan hingga telur beku.

Cukup 10 Menit Bikin Omelet Isi yang Gurih EnakFoto: Get Cracking

4. Taruh isian omelet di bagian tengah omelet. Dengan spatula, lipat omelet dan tekan-tekan hingga padat dan rapat sisinya. Angkat omelet dan sajikan hangat.

Editor: HEY
Sumber: detikFood