New Mitsubishi Triton Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
POJOK BATAM.ID – Pikap kabin ganda memang bukanlah segmen kendaraan yang terlaris di Indonesia. Pemain di segmen ini pun terbilang sangat sedikit.
Dari beberapa nama yang ada di segmen ini, nama Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux D Cab, tentu menjadi 2 nama yang cukup menarik. Keduanya, akan bersaing sangat ketat dalam menguasai segmen pikap kabin ganda dan kendaraan fleet di Indonesia.
Sama-sama mengusung mesin Diesel berkapasitas besar, kedua pikap kabin ganda ini juga menawarkan pilihan sistem penggerak 4 roda dan ketangguhan layaknya mobil offroad. Tentu, jika melihat persaingan keduanya, akan sangat menarik juga apabila kedua pikap kabin ganda ini dikomparasikan.
Untuk memudahkan komparasi tersebut, kumparan memilih membandingkan varian tertinggi dari keduanya, yaitu Ultimate AT Double Cabin 4WD untuk Triton, dan 2.5 V untuk Hilux D Cab. Berikut hasil komparasi keduanya.

Eksterior

Dari segi eksterior, Triton terbilang sukses dalam melakukan penyegaran tampilan. Kini, Triton tampil jauh lebih segar dan futuristik, dengan mengusung wajah dynamic shield seperti yang diaplikasikan pada Xpander.
Pada bagian depannya, Triton dilengkapi dengan lampu depan LED DRL, yang penempatan lampunya persis seperti Xpander. Begitupun pada lampu belakangnya, yang juga mengusung lampu LED.
Untuk menambah kesan gagah dari mobil ini, Mitsubishi menyematkan side steps dan pelek berukuran 18 inci untuk varian teratasnya.
Sementara untuk Toyota Hilux, masih tampil dengan mengandalkan desain lamanya yang terkesan sudah ketinggalan zaman. Desain tersebut mengingatkan pada wajah dari Fortuner generasi pertama.
Toyota Hilux Foto: dok. TAM
Pada lampu depannya, Hilux masih mengadopsi lampu biasa yang juga belum dilengkapi oleh DRL. Begitupun dengan lampu belakangnya yang masih model lampu biasa.
Serupa dengan Mitsubishi Triton, Toyota juga menyematkan side steps pada Hilux D Cab ini. Hanya saja, berbeda dengan Triton yang menggunakan pelek 18 inci, Hilux D Cab masih menggunakan pelek berukuran 17 inci.

Interior

Masuk ke bagian interior, kesan modern dan ‘kekinian’ juga terasa dari kabin Triton ini. Kini, Triton sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Tersedia juga pengaturan AC secara digital, cruise control, Auto Dimming Rear View Mirror serta keyless operation system di bagian dalam Triton ini.
Sementara untuk Hilux, dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 6,1 inci. Untuk pengaturan AC dari mobil ini masih berupa kenop putar biasa dan belum digital.

Fitur

Untuk urusan fitur, Mitsubishi menyematkan 10 fitur keselamatan pada Triton versi penyegaran ini. Fitur-fitur tersebut yaitu, Airbags, Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Ultrasonic Misacceleration System, Active Stability, Traction Control, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Sistem pengereman ABS, EBD, dan Brake Assist, serta rear camera.
New Mitsubishi Triton Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Lalu untuk Hilux sendiri, dilengkapi oleh fitur-fitur keselamatan seperti ABS, Vehicle Stability Control, Traction Control, Hill Start Assist, dan sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist.

Mesin

Menyoal mesinnya, Triton dibekali mesin turbodiesel berkapasitas 2.5 liter. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 178 dk dan torsi 430 Nm. Untuk sistem transmisi pada varian teratasnya, menggunakan sistem transmisi otomatik 6-percepatan.
Tidak lupa, untuk menunjang kinerjanya di lintasan off road, Mitsubishi juga menyematkan mode pilihan penggerak roda, yaitu Super Select 4 WD yang terletak di konsol tengah.
Toyota Hilux Foto: dok. TAM
Untuk Toyota Hilux, menggunakan mesin turbodiesel berkapasitas 2.4 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga 147 dk dan torsi 400 Nm. Mesin ini akan berpadu dengan sistem transmisi otomatik 6-percepatan pada varian teratasnya.
Tidak jauh berbeda dengan Triton, Hilux juga dilengkapi dengan mode pilihan penggerak roda, yaitu Easy 4×4 switch.

Harga

Mitsubishi membanderol Triton versi penyegaran ini dengan harga Rp 480,5 juta untuk varian teratasnya, yaitu Ultimate AT Double Cab 4WD.
Sedangkan Toyota, membanderol Hilux tipe tertinggi yaitu 2.5 V dengan harga Rp 472, 3 juta.
Editor: HEY
Sumber: kumparan