Gereja Katedral Jakarta ubah jadwal misa mingguan pada Idul Adha. (Foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)
Gereja Katedral Jakarta ubah jadwal misa mingguan pada Idul Adha. (Foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Gereja Katedral Jakarta yang letaknya berseberangan dengan Masjid Istiqlal mengubah jadwal misa mingguan lantaran berbarengan dengan pelaksanaan salat Idul Adha.

Kepala Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie mengatakan biasanya pada Minggu pagi ada tiga kali misa yang digelar yakni pukul 06.00, 08.00, dan 10.30. Dikatakan Susyana, pada Minggu (11/8) esok, jadwal bisa itu pun disesuaikan.

“Menjadi hanya pukul 10.00 dan 12.00,” kata Susyana kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (10/8).

Namun, untuk jadwal misa sore tidak ada perubahan dan tetap digelar pada pukul 17.00 serta pukul 19.00.

Lihat juga: Jokowi Kurban Sapi 1 Ton di Surabaya
Susyana menyampaikan perubahan jadwal misa itu selalu dilakukan oleh pihak Gereja Katedral jika berbarengan dengan hari besar umat muslim.

Ia mencontohkan pada tahun 2017 lalu, Katedral juga menyesuaikan jadwal misa lantaran berbarengan dengan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami melakukan reschedule jam misa guna memberikan kesempatan bagi saudara-saudara yabg melaksanakan salat supaya lebih leluasa dan lebih mendukug suasana yang lebih khusuk,” tuturnya.

Selain itu, menurut Susyana, penyesuaian jadwal misa itu juga dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan keramaian jika misa diadakan hampir bersamaan dengan waktu salat.

Lihat juga: Anies Gaet Chef Hotel Berbintang untuk Masak Daging Kurban
Lebih lanjut, dikatakan Susyana, pihaknya juga membuka halaman Gereja Katedral untuk bisa digunakan sebagai area parkir bagi masyarakat yang akan melaksanakan salat di Masjid Istiqlal.

“Betul kami menyediakan lapangan parkir depan gereja untuk digunakan saat salat, bisa sebagai tempat salat tambahan atau untuk parkir bagi yanh salat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada 2 Agustus 2019. Dengan ditetapkannya besok sebagai awal bulan Zulhijah maka, maka dipastikan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1440 hijriah.

Penetapan 1 Zulhijah ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

“Kami putusakan 1 zulhijah hari Jumat tangga 2 Agustus 2019 dengan begitu bahwa 10 Zulhijah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada ahad tanggal 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat malam ini dalam rangka penetapan satu Zulhijah,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin di Gedung Kemenag, jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Editor: HEY
Sumber: CNNIndonesia