Foto: Instagram Jeffrey Polnaja

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Jeffrey Polnaja atau akrab disapa Kang JJ jadi salah satu legenda di kalangan penjelajah Indonesia, bahkan dunia. Riders kelahiran Bandung 1962 itu tercatat salah satu dari 5 besar penjelajah terjauh dunia.

“Saya start touring dari tahun 2006. Dan kini sudah menempuh 420 ribu km 97 negara,” ungkap Polnaja di sela acara Indonesia International Outdoor Festival (IIOutfest), Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (4/8/2019).

Mengambil tema Ride Foe Peace, Polnaja berkisah alasannya berkeliling dunia pakai motor. “Saya keliling antar negara untuk menikmati keindahan dunia dan ciptaan Tuhan,” cerita pria berusia 57 tahun.

Polnaja menjelah benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia, dengan menghabiskan waktu lebih dari 2.000 hari. Ia menggunakan motor touring, BMW R1150 GS. Namun pada sebuah peristiwa, motor ini hilang di Belanda pada 2012 lalu.

Menariknya lagi, aktivitas touring keliling dunia itu Polnaja lakukan sendirian atau biasa disebut solo ride.

“Jadi saya lakukan sendirian. Tapi kadang ada juga yang menemani. Biasanya kalau masuk kota, saya dijemput sama rider – rider berbagai negara,” terangnya lagi.

Untuk mengabadikan memori 9 tahun perjalanan keliling dunianya, Polnaja merangkum kisah tersebut dalam buku berjudul ‘Win Rider’.

Editor: HEY
Sumber: detikOto