Harry Maguire bakal bikin Manchester United jadi kandidat juara Liga Inggris 2019/2020 (Lee Smith/REUTERS)

POJOK BATAM.ID – London – Pep Guardiola meramalkan persaingan di Liga Inggris 2019/2020 bukan milik Manchester City dan Liverpool. Tim-tim tradisional, terutama Manchester United, akan kembali bersaing dengan amunisi baru.

Musim lalu Liga Inggris memang dikuasai dua tim itu setelah mereka bersaing hingga pekan terakhir. City (98 poin) akhirnya jadi juara setelah unggul satu poin atas Liverpool di posisi kedua, yang gagal jadi juara meski cuma kalah sekali.

City dan Liverpool sebenarnya sempat diganggu juga oleh Chelsea dan Tottenham Hotspur, tapi perlahan-lahan keduanya menjauh. Persaingan serupa diperkirakan bakal terjadi lagi musim ini ketika kedua tim itu punya skuat yang relatif sama dengan musim lalu.

Bahkan City berhasil mendatangkan Rodri yang bakal memperkuat lini tengah mereka, sementara Liverpool meski belum mendatangkan siapapun tapi para pemain seperti Naby Keita, Alex-Oxlade Chamberlain, Joe Gomez, dan Adam Lallana, yang diganggu cedera musim lalu bisa fit sepenuhnya.

Tapi, Guardiola tak percaya dengan prediksi itu karena Liga Inggris adalah kompetisi yang selalu menghadirkan persaingan sengit lebih dari dua tim di setiap musimnya. Dia memperkirakan dominasi City dan Liverpool akan mendapat gangguan dari Chelsea,Tottenham, MU, dan bahkan Arsenal.

Sebab tim-tim tersebut sudah mulai memperbaiki kekurangan musim lalu, dengan mendatangkan beberapa pemain top. Terkhusus MU yang bakal menuntaskan transfer bek termahal dunia dari Leicester City, Harry Maguire.

Maguire berhasil diboyong MU dengan banderol 80 juta pound sterling, mengalahkan City dalam perburuannya, demi memperbaiki kualitas lini belakang mereka yang kebobolan lebih dari 50 gol musim lalu. Sementara, City sebenarnya masih butuh sosok pengganti Vincent Kompany.

“Saya tidak tahu apakah persaingan di liga seperti musim lalu dengan hanya dua klub bertarung jadi juara Premier League. Saya rasa United, dengan Maguire, dan tim-tim lain juga sudah membeli pemain top – Arsenal, Chelsea, dan juga Tottenham. Jadi saya rasa bakal banyak pesaing musim ini,” ujar Guardiola di ESPN.

Editor: HEY
Sumber: detikSport