Menpora beri beasiswa Rp2,7 miliar untuk atlet berprestasi di ASG 2019. (Dok. Kemenpora)

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan beasiswa total Rp2,7 miliar untuk atlet berprestasi dalam ASEAN School Games (ASG) 2019 di Semarang.

Untuk peraih medali emas mendapat beasiswa sebesar Rp15 juta, perak senilai Rp7,5 juta, dan perunggu sebanyak Rp5 juta. Menpora RI mengatakan dana beasiswa tersebut bersumber dari APBN.

Lihat juga: Kemenpora: Naturalisasi Dua Pemain Asing Ditolak
“Total beasiswa yang kami berikan Rp2,7 miliar. Tahun lalu hanya medali emas yang kami berikan beasiswa, tahun ini seluruh peraih medali,” kata Imam di Komplek Rumah Dinas Menteri, Kamis (25/7).

Indonesia sukses memenuhi target juara umum ASG 2019 di Semarang, Jawa Tengah, setelah mengumpulkan medali terbanyak pada pertandingan hari terakhir, Selasa (23/7). Tidak hanya tampil sebagai juara umum, Indonesia berhasil melampaui target perolehan medali dari minimal 36 emas yang dicanangkan sebelumnya.

Indonesia juara umum ASG 2019.Indonesia juara umum ASG 2019. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Imam mengatakan Kemenpora bangga, bersyukur, sekaligus berterima kasih kepada para atlet. Namun, ia meminta agar para atlet tidak berpuas diri terhadap prestasi yang dicapai dalam ASG 2019.

“Teruslah berlatih dengan baik, Insyaallah masa depan olahraga Indonesia terus berkibar. Presiden [RI] Joko Widodo betul-betul perhatian. Meskipun di usia pelajar belum bisa memberikan bonus, jadi diberikan beasiswa,” katanya menambahkan.

Menpora Beri Beasiswa Rp2,7 Miliar untuk Peraih Medali ASG
Sementara itu Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan masing-masing atlet hanya mendapat satu beasiswa dari prestasi yang diraih.

Misalnya, atlet yang mendapat lebih dari satu medali emas tetap akan diberikan satu beasiswa medali emas. Sementara atlet yang mendapat lebih dari satu medali yang beragam, maka beasiswa yang diberikan adalah raihan medali tertinggi.

Lihat juga: GSP Punya Trik Kalahkan Khabib
Sedangkan untuk cabang olahraga beregu atau berkelompok, masing-masing atlet menerima jumlah beasiswa yang sama rata.

“Siapkan KTP [Kartu Tanda Penduduk] atau kartu pelajar sebagai syarat menerima beasiswa,” ucap dia.

Editor: HEY
Sumber: CNNIndonesia