Ilustrasi konsumsi ikan secara rutin bisa mencegah kanker usus. Foto: iStock

Ilustrasi konsumsi ikan secara rutin bisa mencegah kanker usus. Foto: iStock

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Anjuran soal makan ikan bukan sekedar seruan biasa. Makan ikan tiga porsi ikan setiap minggu secara rutin nyatanya bisa mencegah seseorang terkena penyakit kanker usus.

Dikutip dari Metro, para ahli dari University of Oxford and the International Agency for Research on Cancer (IARC) mengamati mengamati pola makan 476.160 orang melalui kuesioner. Survei mencakup tentang jenis ikan yang dikonsumsi.

Hasilnya, orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko 12 persen lebih kecil mengalami kanker usus daripada orang yang makan kurang dari satu porsi setiap minggu. Melalui perhitungan, para peneliti merekomendasikan rata-rata 359,1 gram ikan per minggu.

Semua jenis ikan baik, tetapi ikan dengan asam lemak omega-3, seperti salmon, khususnya yang terkait dengan risiko kanker usus yang lebih rendah. Orang yang mengonsumsi 123,9 gram ikan beromega-3 tinggi, memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker usus.

Hal ini diperkirakan asam lemak pada ikan diyakini memiliki efek perlindungan dalam tubuh dan menceah terjadinya peradangan.

“Membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda dapat membantu peluang melawan kanker usus. Termasuk gandum, serat, dan ikan dalam diet Anda, dengan berat badan yang sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menghindari daging olahan dan membatasi daging merah, semuanya dapat membuat perbedaan nyata,” kata Lisa Wilde, direktur penelitian dan urusan eksternal di Bowel Cancer UK.

Editor: HEY
Sumber: detikHealth