Foto: iStockFoto: istock

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Belakangan sedang viral postingan seorang fresh graduate yang mengaku lulusan UI dan mengeluhkan penawaran gaji Rp 8 juta. Curhatan itu menghebohkan netizen karena dianggap terlalu menyombongkan almamater. Kisaran gaji fresh graduate di 2019 pun ikut jadi perbincangan.

Masalah penghasilan menjadi isu sensitif di kalangan para profesional. Namun untuk mereka yang baru memulai kerja, mencari ilmu dan pengalaman umumnya lebih diutamakan dari pada gaji besar.

Berdasarkan sejumlah riset, biasanya pekerja yang baru masuk dunia profesional menerima gaji sekitar UMR. Meski begitu, tak menutup kemungkinan pula jika fresh graduate menerima penghasilan jauh dari standar UMR (Upah Minimum Regional) karena kemampuan, jenis profesi, dan perusahaan yang mempekerjakan.

Sebenarnya tidak ada standar yang ditetapkan untuk para pemula kerja. Rata-rata gaji fresh graduate pun bisa berbeda-beda sesuai industrinya. Sebenarnya, berapa rata-rata penghasilan seorang pemula kerja di Indonesia?

Berdasarkan riset Kelly Services mengenai rata-rata gaji pekerja di Indonesia, mereka yang punya pengalaman sekitar satu tahun umumnya akan menerima gaji sekitar Rp 4 juta. Profesi seperti Finance Executive, Sales Executive, Resepsionis dari berbagai industri biasanya mendapat Rp 4 jutaan. Sedangkan Marketing Executive menerima Rp 5 jutaan, adapun HR Executive Retail sekitar Rp 6 juta.

Industri atau bidang kerja memang bisa sangat mempengaruhi gaji. Menurut riset Kelly Service di 2019, berikut rata-rata gaji para fresh graduate berdasarkan tempat kerja.

Bank = Rp 5 juta
Staf operasional, Teller bank, Staf Collection/Recovery Debt, Staf CS = Rp 5 juta

E-commerce = Rp 4,5 – 7 juta
Account executive = Rp 5,5 – 7 juta
Resepsionis = Rp 4,5 – 5,5 juta

IT = Rp 4,5 – 7 juta
Programmer = Rp 4 – 6 juta
Staf assesor, Field engineer = Rp 4,5 – 5 juta
Analis helpdesk = Rp 5 – 7 juta
Staf subscription sales = Rp 5,5 – 6 juta

Baca juga: Ini yang Perlu Disiapkan Fresh Graduate Saat Cari Kerja

Consumer Goods = Rp 4,5 – 5,5 juta
Staf document controller, Staf administrasi procurement = Rp4,5-5,5 juta, Resepsionis, Staf admin pajak, Asisten gudang = Rp 4,5 – 5,5 juta

Otomotif = Rp 4,5 – 10 juta
Accounting executive = Rp 5,5 – 9 juta
Sales executive = Rp 5 – 7 juta
HR executive = Rp 4,5 – 7 juta
Staf ekspor-impor = Rp 5,5 – 8 juta
Staf admin logistik = Rp 4,5 – 5 juta
Staf marketing = Rp 4,5 – 7,5 juta
Technical Specialist = Rp 10 juta

Migas dan Tambang = Rp4 – 15 juta
Staf admin = Rp 4 – 5 juta
Staf CS = Rp 6 juta
Staf Development Business = Rp 7 juta
Staf Clerk = Rp 5 – 6 juta
Engineer = Rp 6 – 15 juta

Postingan Instastory yang viral menjadi perbincangan karena penulisnya mengaku lulusan Universitas Indonesia dan menganggap penawaran gaji Rp 8 juta terlalu kecil untuk almamaternya. Untuk mengetahui rata-rata penghasilan fresh graduate UI, Tracer Study Universitas Indonesia yang dirilis Career Development Centre pun bisa jadi acuan. Studi itu mengungkap bahwa pada periode 2017-2018 mayoritas alumni mendapatkan gaji Rp 3-9 juta. Berikut rincian pendapatan lulusan UI dari berbagai jurusan seperti dikutip dari situsnya.

Kurang dari Rp 3 juta = 7,7%
Rp 3 – 6 juta = 46,2%
Rp 6 – 9 juta = 25,5%
Rp 9 – 12 juta = 11,3%
Rp 12 – 15 juta = 3,5%
Rp 15 juta = 5,7%

Editor: HEY
Sumber: wolipop