POJOK BATAM.ID – Kondisi kelistrikan yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kota Batam, memunculkan beragam komentar dari berbagai pihak.

Mengingat, hal ini menimbulkan keluh kesah masyarakat Batam khususnya mereka yang memiliki usaha kecil menengah.

Hal tersebut diungkapkan Lik Khai, Anggota DPRD Batam saat menghubungi IDNNews.id, Rabu (17/7/2019) pagi. Menurutnya, rata-rata yang dikeluhkan para pengusaha dan masyarakat Batam tersebut adalah mereka mempertanyakan kondisi tersebut.

“Kami dari Dewan Batam juga mempertanyakan hal tersebut. Mengingat, alasan yang diutarakan oleh Bright PLN Batam selalu itu-itu saja, dan terkesan tidak ada sebuah perubahan. Seperti perawatan mesin maupun kekurangan gas. Jadi terkesan, PLN tidak berusaha dalam memperbaiki kinerjanya dan kualitas pelayanannya,” jelas Lik Khai dengan nada tinggi.

Anggota DPRD Kota Batam Lik Khai
Ia pun berharap ada campur tangan dari unsur dari Pemerintah Daerah dalam menindaklanjuti hal ini. Mengingat hal ini sudah sering terjadi n jangan sampai tinggal diam saja .

“Rata-rata yang ngeluh semua pengusaha menengah ke bawah. Dan hal ini juga membuat saya tersinggung. Dan menimbulkan kesan wakil rakyat di DPRD Batam seakan-akan tidak berkerja secara maksimal. Padahal yang tidak bekerja maksimal adalah PLN Batam. Dan kami pun mendesak BPK maupun KPK untuk bisa melakukan investigasi terkait ini. Ini sudah nggak beres,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi Bright PLN Batam, Awaluddin Hafid menegaskan pemadaman aliran listrik yang disebabkan oleh gangguan di Pembangkit Tanjung Kasam Batam pada Senin (15/7/2019) lalu menimbulkan keluhan dari masyarakat.

pembangkit litsrik PLN Batam (2)
Mengingat, gangguan tersebut Yang terjadi di IPP PLTU Tanjung Kasam unit 1 ini membuat terjadinya kekurangan pasokan listrik ke sistem kelistrikan Batam – Bintan.

“Saat ini, tim PLTU Tanjung Kasam sedang melakukan investigasi penyebab gangguan dan tingkat kerusakan pembangkit tersebut. Dan saat ini, masih membutuhkan waktu untuk dioperasikannya kembali PLTU Tanjung Kasam unit 1,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Atas kekurangan pasokan listrik tersebut, tambahnya, PT PLN Batam akan menerapkan pengurangan pasokan listrik secara bergantian kepada pelanggan.

Dan untuk meminimalisir pengurangan pasokan tersebut dimohon kesediaan pelanggan untuk bersama – sama melakukan penghematan dan pengurangan pemakaian listrik.

bright PLN Batam
“Manajemen PT PLN Batam mohon maaf kepada seluruh pelanggan dan stakeholders lainnya, atas terjadinya ketidaknyamanan dalam penggunaan listrik pada saat ini. Meski demikian, Manajemen akan tetap berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Pulau Batam,” tegasnya.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, pemadaman aliran listrik terjadi sejak Senin pagi hingga sore dengan daerah pemadaman di beberapa wilayah di Batam. (Iman Suryanto)

Editor: HEY
Sumber: IDNNews.id