Para Bek Muda Rp 1 Triliun: Harry Maguire dan Matthijs de Ligt
Harry Maguire berada di pintu masuk Manchester United.

POJOK BATAM.ID – Harry Maguire dan Matthijs de Ligt semakin menegaskan status betapa mahalnya banderol bek-bek Eropa. Maguire dan De Ligt bakal menyusul Virgil van Dijk (Liverpool) dan Lucas Hernandez (Bayern Muenchen) dalam daftar bek bernilai satu triliun rupiah.

Jika tidak aral, hari ini WIB (16/7) Maguire bergabung dengan Manchester United dari Leicester City dengan fee GBP 80 juta (Rp 1,39 triliun). Untuk De Ligt yang sudah memilih Juventus sebagai klub barunya musim depan, nilai transfernya ditaksir EUR 65 juta (Rp 1,02 triliun).

Pada awal bursa transfer musim panas tahun ini, Bayern sampai harus merogoh kocek EUR 80 juta (Rp 1,25 triliun) untuk memboyong Lucas dari Atletico Madrid. Nominal itu hampir mendekati banderol Van Dijk saat didatangkan The Reds dari Southampton pada Januari tahun lalu dengan GBP 75 juta (Rp 1,3 triliun).

Van Dijk yang sempat dilabeli overrated ketika dibeli Liverpool telah membuktikan diri layak dihargai mahal. VvD, inisial nama kapten timnas Belanda itu, menjadikan The Reds sebagai klub Inggris dengan pertahanan terbaik. Puncaknya, Van Dijk mampu mengangkat Si Kuping Lebar, sebutan trofi Liga Champions. Namanya pun ada dalam kandidat utama peraih Ballon d’Or 2019.

Pertanyaannya, apakah Maguire, De Ligt, maupun Lucas bisa menyusul jejak Van Dijk? ’’Harry (Maguire) tidak akan menjadi Virgil van Dijk. Tapi, jika ada klub yang mau menebus banderolnya di Leicester, kemampuannya sudah pasti tidak perlu diragukan lagi,’’ ucap mantan bomber Liverpool Robbie Fowler yang kini jadi pundit BT Sport dalam tulisannya di Daily Mirror.

Si Kepala Lebar, julukan Maguire, baru banyak jadi perbincangan begitu tampil impresif kala membela timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Bersama The Three Lions, pemain 26 tahun itu menjadi bek dengan duel udara terbanyak di Rusia (33 kali). Padahal, dalam Euro 2016, dia cuma fans Inggris.

Kontribusi Maguire bersama Leicester juga tidak berbeda jauh dengan Van Dijk. Total tekling dan intersepnya hanya terpaut sedikit dari Van Dijk. Bloknya pun sama seperti Van Dijk (18 kali). Yang pasti, musim lalu Maguire tak pernah melakukan kesalahan yang berbuah hadiah penalti bagi lawan seperti Van Dijk. ’’Jika United memilikinya, United bakal jauh lebih tangguh,’’ klaim Fowler.

Maguire sejatinya telah masuk radar United sejak masih di Sheffield United. Sir Alex Ferguson sempat meliriknya dan bisa masuk skuad Setan Merah di era David Moyes. Harganya saat itu hanya GBP 4 juta (Rp 69,7 miliar). ’’Sayang sekali Moyes terlalu percaya dengan Rio Ferdinand yang sudah berusia 35 tahun serta Jonny Evans, (Phil) Jones, dan (Chris) Smalling yang rawan blunder,’’ tulis The Sun.

Sementara itu, saga De Ligt menuju akhir setelah bek 19 tahun itu dilaporkan sudah mendarat di Turin tadi malam WIB dan menjalani tes medis di J-Medical. Bek yang sempat meramaikan persaingan antara Juve, Barcelona, dan Paris Saint-Germain (PSG) tersebut akan resmi jadi rekrutan termahal Bianconeri musim panas ini.

De Ligt bakal menyegarkan pertahanan Juve yang masih dihuni bek-bek tua seperti Giorgio Chiellini (34 tahun) dan Leonardo Bonuccci (32 tahun). Allenatore Bianconeri Maurizio Sarri kabarnya mulai mempertimbangkan skema tiga bek seiring kehadiran De Ligt. Skema yang sangat tren saat Juve ditangani Antonio Conte (2011–2014).

Editor: HEY
Sumber: JawaPos.com