Tarikan Bawah Honda Beat Lebih Enak dari Vario 125? Ini Penyebabnya
Ilustrasi motor New Honda Beat. (AHM for Radar Bali/JPG)

POJOK BATAM.ID – Pabrikan motor asal Jepang, Honda, punya dua ‘senjata’ jenis skutik yang sama-sama memiliki kelebihan. Keduanya yakni Beat dan berbagai varian Vario. Namun, Honda Beat dianggap punya tarikan bawah yang lebih enak dibanding Vario yang berkapasitas 125 cc.

Tarikan bawah motor matic memang jadi acuan. Sebab, biasanya skutik tak segahar motor-motor bergigi pada jarak 0 sampai 30 kilometer per jam. Hal itu dilatari sejumlah hal, salah satunya soal penggunaan CVT pada mesin matik.

Namun demikian bila disandingkan, motor Beat dianggap punya tarikan bawah yang lebih cepat. Sedangkan Vario disebut tarikan bawahnya yang agak berat, tapi secara top speed unggul.

“Ya memang. Yang membedakan itu pada bagian CVT saja, kalau vario agak lambat, kalau yang lain ya sama saja. Kalau top speed bagusan vario tetap, apalagi ccnya beda juga,” ungkap Kepala Bengkel AHASS 6803 Bekasi Ismail Shaleh saat berbincang dengan JawaPos.com.

Selain itu, lanjut dia, perawatan CVT juga harus diperhatikan. Biasanya motor yang tarikan bawahnya mulai loyo karena kampas koling ganda mulai haus. Biker tentunya harus rajin melakukan servis pada dealer resmi. “Lalu, motor Beat juga kan body-nya agak ramping. Jadi mungkin lebih enteng dibandingkan Vario,” tutup dia.

Sumber:JawaPos.com