POJOK BATAM.ID – Keamanan menjadi faktor paling penting dalam sebuah perjalanan. Hal ini juga yang menjadi perhatian Grab sebagai penyedia layanan transportasi online di Indonesia. Perusahaan ojek online (ojol) itu mengaku terus berupaya membuat pengguna tetap terasa aman ketika memkai layanannya.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/6), pihak Grab menyebut bahwa armada yang dimiliki Grab bukan milik perusahaan tersebut. Grab pun membuka pendaftaran bagi siapa pun yang ingin menjadi rekanan armada. Grab menyebut, hanya driver yang telah melewati pelatihan yang dapat beroperasi dan berasuransi.

“Hanya saja, dalam prosesnya tentu Grab tidak bisa seratus persen memantau armada-armada tersebut. Oleh karena itu kita sebagai pihak yang menggunakan layanannya harus tetap cermat,” kata pihak Grab.

Salah satunya dengan selalu cek plat nomor kendaraan yang akan ditumpangi. Tidak kalah penting juga selalu cek nama dan wajah driver sama seperti yang muncul di aplikasi.

Dua langkah tersebut penting untuk dilakukan demi memastikan bukan driver atau kendaraan yang tidak terdaftar yang menjemput kamu. Sebab, jika terjadi suatu hal yang tidak mengenakkan, pihak penyedia layanan akan kesulitan dalam melakukan investigasi.

“Jadi jika ternyata plat nomor atau/dan identitas tidak sama dengan aplikasi, langsung batalkan saja perjalanan tersebut dan melakukan pemesanan baru,” imbau Grab.

Langkah aman menggunakan fitur keamanan ojek online Grab. (Istimewa/Grab)
Selain melakukan pengecekan, ada pula fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna. Pada aplikasi Grab, baik untuk Android maupun iOS, terdapat fitur keamanan bernama SOS. Pastikan sebelum memulai pemesanan kamu mendaftarkan nomor kontak darurat. Pendaftaran bisa dilakukan melalui menu Account -> Emergency.

Jika terjadi kejadian yang mengancam keselamatan atau jiwa, kamu bisa menggunakan Emergency Button yang ada di pojok kanan atas. Setelah ditekan, maka aplikasi akan secara otomatis menghubungi kontak tersebut. Pastikan fitur ini digunakan hanya dalam keadaan darurat, ya!

Fitur penunjang lain yang bisa memberikan keamanan adalah Share My Ride. Sebuah fitur yang memberikan informasi perjalanan yang sedang ditempuh ke anggota keluarga atau teman. Pengiriman bisa dilakukan ke berbagai platform.

Contohnya, kamu bisa berbagi ke platform Facebook, Twitter, dan SMS. Informasi yang dikirimkan bersifat real-time, sehingga fitur ini bisa mengingatkan penerima informasi bila kamu terlambat sampai di tujuan atau melebihi perkiraan waktu tempuh.

“Beberapa inovasi yang diciptakan oleh Grab di atas dilakukan demi menciptakan ketenangan bagi pengguna dalam mengarungi perjalanannya hingga sampai ke tujuan,” tutup pihak Grab.

Sumber:JawaPos.com