BATAM, POJOKBATAM.ID – Calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi memberi bocoran ihwal sosok calon menteri di kabinet barunya mendatang andai ditetapkan sebagai presiden terpilih dalam pemilihan presiden 2019. Jokowi memberi sinyal bahwa ke depan, dirinya akan memilih sosok pembantu yang bisa memimpin dengan karakter kuat dan memiliki keberanian dalam mengeksekusi setiap keputusan yang sulit.
“Kedua, saya membutuhkan orang yang memiliki kemampuan manajerial yang kuat dan baik,” ujar Jokowi dalam acara Halal Bihalal bersama aktivis ’98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/6).
Jokowi mengatakan, karakter-karakter tersebut banyak dia lihat ada pada para aktivis 1998, yang kini masih terus berkiprah dalam dunia politik. Jokowi memberi sinyal bahwa para aktivis 1998 memiliki potensi untuk menjadi menteri di kabinet mendatang. Jokowi mengatakan banyak mendengar tentang aktivis ’98 yang menjadi kepala daerah ataupun anggota parlemen, tapi belum ada pelopor reformasi itu yang menjadi menteri di kabinet.
“Saya mendengar banyak aktivis ’98 yang menjadi anggota DPR, kepala daerah, saya lihat di menteri belum. Bisa saja kenapa tidak, dengan kemampuan yang ada, bisa saja,” kata Jokowi.
Ketika Jokowi berkata demikian, sontak nama politikus PDIP Adian Napitupulu didengung-dengungkan oleh para aktivis ’98 yang hadir dalam acara itu. “Adian, Adian,” ujar mereka bersorak. Mendengar sorakan tersebut, Jokowi langsung merespons bahwa dirinya enggan membocorkan nama aktivis ’98 yang dinilai cocok menjadi menteri di kabinet mendatang. “Saya tidak mau menyebut nama dulu, tadi ada yang bilang Bung Adian, Bung Adian, inisial pun saya enggak mau (sebut),” ujar Jokowi.
Ketika ditanya ihwal sinyal tersebut, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu memberi sinyal bahwa dirinya tidak akan menerima tawaran posisi menteri di kabinet mendatang. “Saya enggak kuat jadi menteri kalau presidennya Jokowi, capeknya, ampun bos,” ujar Adian Napitupulu saat ditemui usai acara yang sama.

Sumber : Tempo.co
Editor : Heri