BATAM, POJOKBATAM.ID – Bursa calon Walikota Batam dan calon Wakil Walikota Batam makin hangat. Kandidat Walikota Batam maupun calon Wakil Walikota Batam bermunculan. Teranyar, nama Wakil Ketua I DPRD Kota Batam, H Zainal Abidin dan Anggota DPRD Kota Batam, M Jefri Simanjuntak yang mencuat baik jadi kandidat Walikota Batam maupun kandidat Wakil Walikota Batam. Kemunculan dua nama politis ternama di Batam tentu saja makin memanaskan persaingan antar kandidat.
“Kalau didukung masyarakat, saya siap maju jadi Walikota Batam,” ujar H.Zainal Abidin, Jumat (14/6) lalu.
H.Zainal yang dikenal sebagai politisi yang berlatar belakang pengusaha ini bahkan sudah menyatakan kesiapannya maju baik sebagai calon Walikota Batam maupun calon Wakil Walikota Batam pada Pilkada serentak yang digelar pada tahun 2020 mendatang. Menurut H.Zainal, dukungan masyarakat menjadi salah satu modal utama bagi dirinya untuk maju pada kontestasi Pilkada serentak.
Berbeda dengan H.Zainal, Jefri Simanjuntak percaya diri (pede) maju sebagai calon Wakil Walikota Batam atau Batam 2. Menurutnya, ia memang hanya maju sebagai calon Wakil Walikota Batam karena bersikap realistis. “Persaingan calon Walikota sangat ketat dan figurnya pun sudah sangat terkenal di masyarakat, jadi ya kita realistis saja,” ungkapnya.
Jefri bahkan mengungkapkan bahwa jika memang maju sebagai calon Wakil Walikota Batam, maka ia memilih berpasangan dengan Amsaakar Ahmad yang saat ini masih menjabat Wakil Walikota Batam. “Kalau saya maju sebagai calon wakil walikota Batam, maka saya ingin Pak Am (Amsakar Achmad) sebagai calon Walikota Batam. Jadi namanya nanti pasangan Amje (Amsakar Ahmad-Jefri), pasangan yang cocok,” kata Jefri seraya tersenyum.
Munculnya Zainal dan Jefri Simanjuntak menambah figur yang bakal maju sebagai calon Walikota Batam dan calon Wakil Walikota Batam yang sudah ada sebelumnya. Adapun calon yang sudah mencuat ke permukaan yakni HM Rudi SE, Amsakar, Ruslan Ali Wasyim, H Zainal Abidin dan lainnya. (rie)