BATAM, POJOKBATAM.ID – Wali Kota Batam, HM Rudi, SE, MM mengatakan belum dapat memastikan berapa jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru yang bakal dibangun pada tahun 2020 mendatang. Saat ini, Rudi baru dapat memastikan bakal membangun dua sekolah di Kecamatan Sagulung.
“Baru dua sekolah yang ditambah, di Kecamatan Sagulung. Di kecamatan lain belum,” ujar Rudi usai melakukan pertemuan dengan orangtua di Aula SMP Negeri 9 Batam, Senin (17/6).
Meski begitu, Rudi menurutnya untuk kecamatan lain juga akan mengalami penambahan sekolah baru karena tiap tahun jumlah anak meningkat. “Angka kelahiran juga tiap tahun bertambah, jadi menyesuaikan itu sebanarnya,” kata dia.
Sejauh ini, Rudi sudah menemui para orangtua siswa di dua kecamatan, yakni Sekupang dan Sagulung. Rudi dipastikan berkunjung ke kecamatan lain guna memcari solusi bagi anak-anak yang tidak diterima dalam sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB kali ini.
Selain menambah sekolah baru, Rudi mengatakan tenaga pendidik juga akan ditambah. Menurutnya, hal itu akan dilakukan sejalan. Untuk tenaga pendidik kedepan, Rudi ingin guru memiliki IQ di atas 100.”Supaya tidak kalah dengan IQ muridnya,” kata dia.
Saat ini tenaga pendidik sudah mencapai 2.000 lebih, jika ditambah lagi tentu akan menambah anggaran. Sehingga, saat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tenaga pendidik selalu diajukan guna mengimbangi jumlah tersebut. “Tapi yang diterima hanya 2 atau 3 persen, padahal kita butuh, penerimaan tahun ini juga tetap kami ajukan,” katanya. (rie)