Pesawat Batik Air

Pojok Batam.id, Jakarta – Manajemen Batik Air bakal membuka rute jaringan internasional baru dari bandara Internasional Soekarno Hatta ke Penang, Malaysia. Selain untuk mewujudkan ekspansi bisnis, pembukaan rute baru ini diharapkan menambah daya gedor program perekonomian dan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.
Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie menyampaikan rute baru tersebut akan mulai dibuka pada 29 Mei 2019 mendatang. Dia menyatakan, pembukaan rute baru itu diproyeksikan untuk mendukung peningkatan lalu lintas bisnis dan pariwisata antarnegara melalui kemudahan akses moda transportasi udara.
“Batik Air optimis bahwa penerbangan bisa membantu menggeliatkan program perekonomian dan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Batik Air menilai, kehadiran rute baru semakin melengkapi mobilitas dalam bepergian,” kata Luthfie dalam keterangannya, Minggu (26/5).
Luthfie menuturkan, bagi masyarakat Indonesia yang hendak pergi ke Penang hanya dapat diakses melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Karenanya, masyarakat dari daerah disarankan untuk singgah ke Jakarta terlebih dahulu.
“Wisatawan ataupun pebisnis dari berbagai kota di tanah air dapat singgah terlebih dahulu di Soekarno-Hatta, kemudian melanjutkan penerbangan menuju Penang,” tuturnya.
Kemudahan konektivitas yang terhubung dari Penang ke Indonesia antara lain ke Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Palembang, Lubuk Linggau, Tanjung Pandan, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke. Untuk destinasi luar negeri meliputi Singapura, Kuala Lumpur, Chennai, Perth.
Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Airport Holding Berhard, Raja Azmi Raja Nazuddin mengatakan, penerbangan rute baru Batik Air akan menguntungkan kedua negara dengan baik. Pihaknya menyambut positif adanya rute baru yang ditujukan ke daerahnya tersebut.
“Penerbangan ini menguntungkan kedua negara. Kami senang melihat Bandar Udara Internasional Penang dapat menarik satu lagi maskapai sehingga memperkuat konektivitas regional. Tujuan kami ialah menciptakan nilai lebih besar bagi Malaysia yang beroperasi dari bandar udara lain selain Kuala Lumpur (KLIA),” pungkasnya.
Dari Januari hingga April 2019, Bandar Udara Internasional Penang mencatat 1,2 juta pergerakan lalu lintas penumpang internasional, pertumbuhan 10,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Batik Air adalah maskapai ketiga yang menawarkan rute Jakarta – Penang.
Dalam menawarkan perjalanan tersebut, Batik Air akan mengoperasikan Boeing 737-800NG yang berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi. Pesawat mempunyai fitur hiburan penerbangan inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi. Sehingga travelers bisa memanjakan diri selama perjalanan.

Sumber : JawaPos.com
Editor : Heri