Pojok BatamModifikasi model ban ceper yang bisa membuat mobil berisiko “mencium” permukaan aspal. Untuk mencegah hal itu, mobil ceper umumnya dibekali air suspension (airsus). Perangkat ini bisa disetel untuk mengangkat dan menurunkan bodi sesuai dengan kebutuhan, agar permukaan mobil tidak membentur jalan.

Tingginya minat modifikasi mobil di berbagai kota membuat Bengkel Icon Autowork’z asal Surabaya, sebagai distributor Volcano di Indonesia mendatangkan produk airsus bermerek Volcano dari Amerika untuk menunjang keperluan dunia modifikasi Tanah Air.

Beberapa merek airsus masih mengggunakan setingan manual dengan panel pengontrol pada dashboard, sementara itu Volcano air suspension memiliki sistem air management otomatis yang langsung terkoneksi dengan android pada smartphone dan bisa di setel dari remote control.

“Air supension Volcano sudah dilengkapi dengan sistem air management-nya. bukan manual jadinya, kita sudah fully sistem operasinya dari android dan remote control. Jadi bisa di kontrol dari jauh juga,” kata Danny, saat berbincang dengan di Jakarta International Expo, Kemayoran, beberapa waktu lalu.

Danny menjelaskan sistem air managementnya yang sudah memiliki setingan bawaan bisa memudahkan pengemudi menyesuikan ketinggian mobil ketika berkendara. Bahkan dalam kondisi kencang diatas 120 Km/jam, ia dapat menyesuikan ground clearence yang dibutuhkan mobil secara otomatis, sehingga tidak perlu mengurangi kecepatan atau berhenti.

“Dalam kecepatan tinggi tak perlu berhenti lagi, agar bisa berfungsi normal.Jadi sistem ketinggiannya langsung bisa nge-just, dan dia langsung bisa turun otomatis. Jadi menyesuaikan keadaan dan kondisi kecepatan mobil juga, karena sistemnya memiliki memori pada manajemennya sendiri,” tutur Danny.

Untuk batasan kecepatannya, lanjutnya, bisa berfungsi normal pada kecepatan diatas 120 Km/jam dan juga pada kecepatan 40 Km/jam.”Dia sudah ada setingan bawaan yang sudah bisa menyesuikan ketinggian mobil. Batasan kecepatan diatas 120 km/jam dia bisa turun lebih pendek lagi. Jadi bisa menyesuiakan kecepatan anginnya. Jadi gak bertabrakan dengan angin lagi. Kalau stabil ia akan otomatis naik lagi ke sistem awal di bawa 40 Km/jam.” bebernya.

Airsus Volcano saat ini disediakan di Bengkel Autowork’z dalam dua tipe yakni model V1 yang memiliki air manajemen pada 2-titik. Tipe ini bisa digunakan secara universal untuk semua jenis mobil. Sementara V5 yang memiliki air managemen 4-titik disarankan untuk pengaplikasian di mobil-mobil yang memiliki street performance atau mobil custom.

Dengan segala kelebihannya airsus Volcano V1 dibanderol Rp 22 juta dan V5 dihargai Rp 45 juta belum termasuk biaya pemasangan. Icon Autowork’z juga memberikan garansi untuk kompresor selama satu tahun.”Kami jamin air suspension dengan teknologi yang dimilikinya akan membuat mobil custumer lebih nyaman karena lebih empuk dalam segala posisi riding,” tandasnya.