Pojok Batam Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menceritakan pengalamannya hiking di Gunung Padang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Namun pengharapan melihat cantik dan indahnya situs megalitikum dunia melainkan adanya rasa Ilfil.

“Kamari pas hiking jauh kaluhur (ngos-ngos-an) eh di luhur teh aya tukang mie rebus dengan tenda birunya. jadi antara berharap klimaks pengharapan jadi ilfil,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Kamis (1/11).

Karena menurut pemimpin yang juga arsitek ini, setiap ada keramaian maka akan selalu hadir para pedagangbkaki lima (PKL). Namun tidak bisa dibiarkan atau dibebaskan karena Gunung Padang merupakan situs mwgalutikum dunia yang wajib dijaga.

“Karena orang dagang mah dimana ada keramaian (ada). Tapi kan enggak bisa begitu, karena tidak ada panduannya, penataannya dan khawatir kalau dibiarkan berlarut-larut potensi situs megalitikum dunia ini tercemari oleh komersial dan wisatawan yang tidak semestinya,” ujar Kang Emil sapaanya.

Maka sesuai program atau visi misi Jabar yakni menjadikan Provinsi Pariwisata akan mulai diangendakan pada 2019 mendatang. Dalam artian konsep ini merupakan strategi tipe dua yakni menciptakan destinasi di Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jabar.

“Mudah-mudahan bisa kita melihat (Gunung Padang) lebih bermartabat dan profesional pengelolaanya,” ujarnya.

Sebelumnya melalui akun instragram @ridwankamil menjelaskan akan menata situs tersebut agar tetap terjaga dan menjadi destinasi sejarah di Jabar layaknya Candi Borobudur di Jawa Tengah.

“Situs Megalitikum Dunia di Gunung Padang di Kabupaten Cianjur tahun depan akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jabar, agar tidak semakin rusak atau terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan. Situs ini menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu yang harus dilestarikan secara baik. Semoga akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal seperti kawasan Candi Borobudur. KARENA bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. #JABARJUARA,” tulis @ridwankamil dalam keterangan unggahan instagramnya.