Pojok BatamGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih berada di Argentina, menghadiri acara Urban 20. Nyatanya meski sedang berada di luar negeri, Anies masih bisa mencopot direktur utama beberapa BUMD.

Jika sebelumnya Anies mencopot Budi Kaliwono dari jabatan Direktur Utama PT Transjakarta dan beberapa direksi dari PT MRT Jakarta, kali ini giliran BUMD di bidang keuangan yang mengalami restrukturisasi.

Anies diketahui mencopot Kresno Sediarsi sebagai Direktur Utama PT Bank DKI secara resmi. Kresno digeser oleh Wahyu Widodo. Tidak hanya di tingkat Dirut, Anies tidak segan-segan merekstrukrusisasi beberapa direksi lainnya di Bank DKI. Tentu pergantian itu juga berdasarkan berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS) sirkuler PT Bank DKI.

“Resktukturisasi pengurus ini pada prinsipnya adalah penyegaran direksi dan dewan komisaris PT Bank DKI dan dimaksudkan untuk lebih meningkatkan Kinerja PT Bank DKI dalam melayani masyarakat,” tutur Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta Yurianto, dalam keterangan yang diterima Kamis (1/11).

Yurianto melihat adanya prestasi dalam perbaikan kinerja keuangan di PT Bank DKI selama Kresno mengemban tugasnya. Tidak dipungkiri, PT Bank DKI juga telah melakukan transformasi produk layanan menuju perbankan digital dan layanan perbankan digital, seperti JakOne Mobile.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Kresno Sediarsi dalam mengelola PT Bank DKI dari 2016 sampai dengan sekarang, sehingga layanan perbankan di Bank DKI menuju ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Ke depannya, Yurianto berharap jajaran direksi yang baru dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ditinggalkan kepemimpinan sebelumnya. Serta menuntaskan penugasan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022.

Salah satunya yakni mendorong BUMD sektor keuangan untuk memfokuskan aksesibilitas usaha mikro kecil dan menengah terhadap sumber pembiayaan serta mewujudkan masyarakat Jakarta sebagai masyarakat dengan keuangan non-tunai (cashless society).

Sebagai informasi, berikut perombakan jajaran direksi PT Bank DKI, antara lain

1. Yang diberhentikan:
a. Ilya Avianti dari jabatannya sebagai Komisaris Utama.
b. Kresno Sediarsi dari jabatannya sebagai Direktur Utama.
c. Budi Mulyo Utomo dari jabatannya sebagai Direktur Kepatuhan.
d. Antonius Widodo Mulyono dari jabatannya sebagai Direktur Bisnis.
e. Farel Tua Silalahi dari jabatannya sebagai Direktur Manajemen Risiko.

2. Yang dialihkan tugas:
Basuki Setiyadjid sebagai Komisaris Utama (Komisaris Independen) yang semula menjabat sebagai Komisaris Perseroan.

3. Yang diangkat:
a. Erick sebagai Komisaris
b. Wahyu Widodo sebagai Direktur Utama.
c. Zulfarshah sebagai Direktur Kepatuhan
d. Babay Parid Wazdi sebagai Direktur Bisnis.
e. Zainuddin Mappa sebagai Direktur Manajemen Risiko.