Pojok BatamSekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tebing Binaan menyambut hari sumpah pemuda dengan mendatangi Pondok Pesantren Hidayatullah Pasir Panjang, Karimun, Sabtu (27/10). Sebanyak 275 pelajar dan orangtua membawa paket sembako untuk dimasak di pondok pesantren.
’’Kali ini kita ingin praktekkan langsung apa itu penguatan pendidikan karakter,” kata Kepala SMPN 2 Tebing Binaan, Raja Hernayati, Senin (29/10).
Mulai pagi hingga siang hari, mereka berbagai kegiatan. Mulai dari apel bersama, gotong royong, olahraga gembira, rekreasi hingga memasak dan makan bersama.’’Semuanya dikerjakan oleh pelajar. Yang intinya, kita berikan pendidikan anak-anak untuk berempati kepada orang lain,’’ ungkapnya.
Selain itu kata Hernayati lagi, anak-anak tersebut diberikan kesempatan untuk berbaur bersama anak ponpes untuk melakukan berbagai kegiatan. Sehingga, dapat terjalin rasa kebersamaan dalam kegiatan tersebut. Sedangkan, orangtua bersama guru-guru dibantu sebagai pelajar siswi membuat masakan.
’’Pokoknya bagaimana pelajar menghayati sumpah pemuda di zaman milineal sekarang ini. Mereka harus benar-benar dibentengi dengan pendidikan karakter dan budi pekerti,’’ ujarnya.
Sesuai dengan slogan hari sumpah pemuda ke-90 yaitu melalui hari sumpah pemuda ke-90 tahun, SMPN 2 Tebing Binaan bersama Pondok pesantren Hidayatullah berkomitmen mewujudkan generasi muda yang cerdas, inspiratif, berwawasan dan berakhlak mulia.
Dengan demikian, diharapkan bisa menjadi acuan bagi para pelajar untuk terus menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi lagi. ’’Inilah modal dasar bagi generasi penerus, agar tetap tidak terpengaruh oleh budaya luar yang terus masuk ke Indonesia tanpa batas,’’ kata Hernayati.