Pojok BatamHujan Deras yang mengguyur Jakarta pada Minggu (28/10) malam menyisakan sejumlah genangan di beberapa titik. Namun saat ini seluruh genangan sudah surut, karena hanya terjadi antrian air masuk ke saluran.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan Firmansyah mengatakan, genangan terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi. Satgas dari Sudin SDA diterjunkan untuk menangani genangan.

“Sebelum jam 12.00 WIB genangan sudah surut semua, satgas juga standby di lokasi-lokasi genangan. Tapi air tidak lama, genangan terjadi karena antrian air,” kata Firmansyah, kepada JawaPos.com, Senin (29/10).

Dia menyebutkan genangan terjadi di Jalan Kemang Utara IX. Di lokasi ini genangan terjadi karena luapan Kali Mampang. Disiagakan dua unit pompa untuk mengatasi genangan di lokasi tersebut.

Dirinya mencatat genangan juga terjadi di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Fatmawati Rata. Khusus di Jalan Fatmawati Raya genangan terjadi karena dampak proyek trotoar yang belum selesai.

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta juga menginformasikan titik genangan yang terjadi tadi malam melalui akun Twitter @BPBDJakarta. Tidak hanya di Jakarta Selatan, genangan juga terjadi di wilayah lainnya. Namun di Jakarta Selatan titiknya paling banyak.

Berikut titik genangan yang didata oleh @BPBDJakarta, di Jakarta Selatan seperti di Jalan Kemang IX titik kenal Jembatan Pasar Jagal ketinggian air 5-10 cm. Jalan Raya Ragunan arah Pasar Minggu tepatnya di depan BNI dan depan Komplek Kejaksaan setinggi 10-15 cm.

Kemudian di Jalan Gatot Subroto titik kenal depan Kantor Perindustrian setinggi 20-13 cm, Jalan Perintis Kelurahan Kuningan Timur setinggi 10-20 cm, serta Jalan Masjid Alhidayah Pejaten Barat setinggi 10 cm.

Sedangkan di Jakarta Utara genangan terjadi di Jalan Boulevard Raya setinggi 10-15 cm. Di Jakarta Barat di Jalan S Parman depan Hotel Ibis setinggi 10-15 cm dan Jalan Delima Kelurahan Jati Pulo setinggi 10-15 cm. Serta di Jakarta Timur Jalan DI Panjaitan setinggi 10-15 cm.

BPBD DKI Jakarta menginformasikan jika seluruh genangan saat ini sudah surut. “Saat in air sudah surut dengan penanganan dari petugas Dinas SDA,” tulisnya.

Selain genangan, juga ada pohon tumbang di Jalan Puri Indah Kelurahan Kembangan Selatan. Pohon sudah dievakuasi oleh petugas.