Pojok BatamApple tampaknya bakal menghadirkan inovasi termutakhir untuk perangkat smartphone. Paten raksasa teknologi asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu terungkap ke publik. Ya, Apple dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone lipat.

Sebagaimana di kutip dari laman Patently Apple, Senin (22/10), Apple mengungkap sketsa bakal smartphone lipat yang akan dibesutnya. Seperti terlihat dalam gambar, paten soal smartphone lipat itu berjuluk ‘Flexible display devices’.

Paten tersebut ternyata merupakan kelanjutan dari paten yang dibuat Apple 2016 silam. Dalam paten gambar terlihat desain samping perangkat dengan tampilan fleksibel dengan engsel yang didasarkan pada konfigurasi tautan empat bar.

Apple Siapkan Smartphone Lipat, Begini Bocoran Desainnya
Paten terbaru Apple soal smartphone lipat. (PatentlyApple)
Selanjutnya, dalam gambar tersebut juga mengilustrasikan housing perangkat telah dimanipulasi untuk menempatkan tampilan dalam konfigurasi back-to-back. Alih-alih menggunakan mekanisme engsel, paten Apple tersebut justru menunjukan bahwa penghubung antar sambungan smartphone dapat menggunakan struktur magnetik, pengencang hook-and-loop, struktur kait, dan takik atau struktur kawin lainnya.

Selain itu, seperti bisa disaksikan dalam gambar keempat (FIG 24) desain yang dihadirkan merupakan perangkat dalam konfigurasi tri-lipat dengan konstruksi engsel ganda membentuk pola huruf ‘S’.

Inti dari paten kedua Apple soal gagasan smartphone lipatnya ini adalah menunjukkan klaim paten yang menentukan penambahan pada penemuan asli. Fokus utamanya adalah pada engsel yang fleksibel. Hal tersebut berlaku untuk titik sekunder yang menyentuh pada penggunaan material ‘rumah’ atau tempat komponen penting smartphone.

Dari paten tersebut Apple tampaknya ingin menunjukkan bahwa layar fleksibel itu memungkinkan pengguna mengubah konfigurasi kelengkungan smartphone saat menggunakannya. Seperti sudah dijelaskan di atas, hal tersebut bisa terjadi lantaran Apple menyematkan engsel fleksibel yang secara teknis akan menjadi komponen utama dari seluruh struktur tubuh perangkat.

Terlepas dari paten yang dikantongi Apple soal smartphone lipat, hal itu bisa saja menjadi tanda bahwa perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs itu serius ingin menggarap smartphone lipat. Meski belum tahu kapan akan terwujud, setidaknya apa yang dilakukan Apple mungkin bertujuan untuk mengimbangi kompetitor seperti Samsung dan Huawei yang juga gencar mengembangkan smartphone lipat.

Leave a Reply