Pojok BatamPerusahaan pelat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhirnya sudah dapat mengoperasikan secara penuh seluruh layanan bagi masyarakat Sulawesi Tengah khususnya yang terdampak bencana.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal mengatakan setiap harinya pemulihan layanan BUMN terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Ke depannya, Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno juga sudah menginstruksikan BUMN agar berperan aktif dalam percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah Palu, Donggala, Mamuju dan sekitarnya,” Kata Hambra dalam keterangan resmi, Senin (15/10).

Adapun berikut adalah Perkembangan Pemulihan layanan BUMN di Sulawesi Tengah per 13 Oktober 2018 :

Layanan Telekomunikasi

– Pemulihan Site BTS sudah mencapai 94 Persen.

– Layanan Telkom Backbone & Metro sudah 100 Persen.

Layanan Kelistrikan

– Sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah telah pulih 100 Persen.

– Tujuh Gardu Induk yang ada, telah beroperasi seluruhnya. Didukung dengan 1.707 gardu distribusi yang telah beroperasi.

– Sebanyak 45 penyulang/listrik telah pulih 100 Persen.

– Sebesar 101,2 MW Daya tersedia untuk Palu. Saat ini beban puncak sistem Sulteng sebesar 54,14 MW.

– Sebanyak 55 unit genset PLN telah didistribusikan ke daerah Palu, Donggala dan Sigi.

– Listrik PLN telah berhasil menjangkau sejumlah pelanggan prioritas diantaranya 15 perkantoran Pemerintahan dan TNI/Polri, 2 PDAM, 11 SPBU, 8 Rumah Sakit, 13 titik ekonomi Palu, 9 Masjid dan 7 Gereja.

Layanan Perbankan

BNI:

Sebanyak 17 kantor cabang dan kantor cabang pembantu (Palu, Parigi dan Mamuju) telah kembali beroperasi, didukung 97 ATM telah online dan 4 unit Kas Keliling (BNI O-Branch).

Mandiri:

Sebanyak 6 kantor cabang reguler dan tiga cabang mikro telah beroperasi, dengan didukung sebanyak 59 ATM yang sudah kembali online.

BTN:

Sebanyak 5 outlet Bank BTN telah kembali beroperasi, dengan didukung sebanyak 8 ATM yang online dan 1 unit mobil kas keliling.

BRI:

Sebanyak 33 (dari total 39) jaringan kantor BRI telah beroperasi kembali. Didukung 79 ATM (dari total 106 ATM) yang sudah kembali pulih. Pemulihan operasional dan layanan nasabah didukung oeh jaringan BRISat, 1 E-Buzz serta 13 Teras Keliling.

Layanan BBM dan LPG

– 95 Persen SPBU Pertamina di Sulawesi Tengah yang terdampak bencana telah kembali pulih. Sebanyak 33 SPBU telah kembali beroperasi dimana sebanyak 15 SPBU di Palu, 3 SPBU di Donggala , 1 SPBU di Sigi, 7 SPBU di Parigi Moutong, 3 SPBU di Mamuju Tengah dan 3 SPBU di Mamuju Utara.

– Sebanyak 164 ribu tabung gas LPG telah disalurkan melalui 4 SPPBE di Sulawesi Tengah.

– Kondisi stok BBM dan LPG untuk Sulteng telah normal kembali.

Bantuan Sosial Sinergi BUMN

Total bantuan CSR dan Bina Lingkungan BUMN telah mencapai Rp 48 Miliar. Nilai tersebut berasal dari 28 BUMN, yakni Telkom, BRI, Mandiri, BTN, PLN, Pupuk Indonesia, Bandha Gara Reksa, Taspen, Adhi Karya, Hutama Karya, Bukit Asam, Pertamina, Wijaya Karya, BNI 46, TWC, Angkasa Pura I, Jamkrindo, PTPN Holding, Surveyor Indonesia, PT KAI, Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo III, Semen Baturaja, INKA, Dahana, dan PT PAL.

Leave a Reply