Pojok Batam- Hari ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) area Tanjungpinang Rayon Tanjungbalai Karimun akan melakukan pemadaman bergilir di wilayah Kecamatan Karimun dan Meral. Pemadaman sementara diperkirakan memakan waktu sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.
“Ini rutinitas saja, pemeliharaan jaringan mengikuti perkembangan pembangunan di wilayah Pulau Karimun,’’ kata Manager PLN Rayon Tanjungbalai Karimun, Crisman Ariando, Jumat (5/10).
Pemadaman tersebut terpaksa dilakukan sehubungan adanya pekerjaan pemeliharaan jaringan yaitu perbaikan tiang miring dan pemasangan jamperan Load Break Switch (LBS). Pemadaman dimulai dari kantor Polres Karimun, Perum Harapan Indah, Jl Raja Oesman Batu Lipai, Baran I, II, dan III.
Kemudian, Pasar Bukit Tembak, Dang Merdu, Pantai Pak Imam, Graharap, Medic Center, Polsek Meral, dan Komplek Bea Cukai Meral sekitarnya. “Ada tiang listrik yang dulunya berdiri, sekarang sudah tidak layak maka kita pindahkan termasuk tiang listrik miring. Agar estetika lingkungan tetap cantik,” ujarnya.
Crisman menyampaikan, hingga saat ini daya listrik Karimun surplus 3,5 Megawatt yang dihasilkan dari dua mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bukit Carok. Ia memastikan ketersediaan listrik mencukupi hingga tahun depan. Meski demikian, pihaknya mengimbau pelanggan PLN agar cerdas dalam memanfaatkan energi listrik. Sehingga, tidak menambah biaya bulanan bagi keluarga.
“Walaupun daya listrik kita surplus, tapi tetap saja harus berhemat dalam penggunaan listrik. Terutama, ketika keluar dari rumah yang tidak perlu dimatikan saja,” pesannya.(tri)

Leave a Reply