Pojok Batam – PT Timah Tbk melalui Divisi CSR menyalurkan dana Rp 1,4 miliar program kemitraan triwulan III untuk 31 pelaku UMKM di Kundur, dan Kabupaten Maranti.
Penyerahan dana kemitraan dihadiri General Manager Wilayah Kepri dan Riau Adam Darmawan, Kepala Divisi CSR PT Timah Yanuar Soenartono, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Karimun Sensisiana di Wisma PT Timah Tbk, Rabu (3/10).
Sekretaris Perusahaan PT Timah Amin Haris Sugiarto mengatakan, bantuan bagi pelaku UMKM merupakan program kemitraan sekaligus implementasi dari tanggung jawab sosial perusahaan.
Ada delapan program kemitraan PT Timah melalui sektor perdagangan, industri, jasa, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, dan koperasi.
Pada 2018, sudah masuk tahap ketiga yang dilaksanakan di seluruh wilayah operasional yang meliputi Bangka, Belitung, Karimun, Kundur, dan Meranti.
Sebelumnya penyaluran dana program kemitraan periode triwulan III 2018 telah dilaksanakan di wilayah Bangka dan Belitung sebanyak 190 pelaku UMKM sebesar Rp 10,2 miliar.
“Program kemitraan yang dijalankan PT Timah merupakan bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri BUMN nomor per-02/MBU/7/2017 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri BUMN pers-09/MBU/7/2015 tentang program kemitraan dan bina lingkungan,” sebut Amin.
Selain penyaluran program kemitraan, juga diserahkan bantuan melalui program bina lingkungan dan CSR PT Timah berupa simbolisasi pembangunan rumah tinggal layak huni di Karimun dan Kundur Barat.
Ada bantuan prasarana kesehatan untuk Puskesmas Kundur Barat, dan sarana ibadah di Desa Sidomulyo Sawang Selatan.
Kemudian bantuan alat tangkap untuk kelompok nelayan di Desa Gemuruh, pompong untuk anak sekolah di Pulau Setunak, dan Desa Tebias Belat, serta bantuan renovasi balai pemuda Desa Kobel, jamban untuk tiga desa di Kundur Barat, serta bantuan pendalaman parit warga tani Bukit Senang Desa Gemuruh.
Sensisiana berharap agar terjalin sinergitas dan koordinasi yang baik dalam program pemberdayaan masyarakat sehingga pelaksanaan kegiatan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
“Kami cukup mengapresiasi program yang dilaksanakan PT Timah. Semoga maju, berkembang memberikan manfaatnya masyarakat dan negara,” tegas Sensissiana.(ims)

Foto 01, Kapolsek Kundur Kompol Wisnu Edhi Sadono bersama Danramil 03 Kundur Mayor Inf Syafrizal mengecek kendaraan dinas, kemarin.

Leave a Reply