Pojok Batam- Warga Bukit Senang, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, mengapresiasi langkah PT Timah Tbk yang menormalisasi sungai sepanjang 1,3 kilometer (km). Dengan mengerahkan alat berat, karyawan PT Timah dan warga bergotong royong menormalisasi aliran sungai. Aliran sungai yang sebelumnya dangkal menjadi dalam dan alur sungai kembali lancar. Ramli, 54, salah satu warga mengatakan para petani di wilayah itu sangat mengandalkan pengairan dari sungai tersebut. Karenanya, ia mengucapkan terima kasih atas bantuan alat berat PT Timah untuk menormalisasi sungai tersebut. “Sudah cukup lama kondisi parit dangkal dan dipenuhi semak belukar,” ujarnya.
Normalisasi sangat membantu masyarakat untuk mengairi lahan pertanian mereka. “Normalisa­si sungai ini memberikan manfaat bagi masyara-k­at dan petani karena bisa mengontrol kelancaran air,” ungkap Ramli. Hadir di acara bakti sosial ter­sebut, Kepala Unit Metalurgi PT Timah Tbk Wi­yono Sunaryo, Koordinator PPM Kepri dan Ria­u Afriano Putra, perangkat desa serta masyarakat.
Wiyono mengatakan, kegiatan ini bentuk kepedulian perusahaan. “Hari ini kita bersama masya-rakat dan karyawan kami membersihkan aliran sungai guna memperlancar pengairan di area pertanian,” katanya.(ims/adv)