Pojok Batam- Awal bulan lalu, raksasa teknologi rintisan Steve Jobs, Apple, membesut dua produk terbaru. Apple iPhone dan Apple Watch Series 4. Untuk line-up iPhone, Apple bahkan membesut tiga varian sekaligus, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Ketiga varian iPhone terbaru tersebut merupakan penerus dari iPhone X yang melenggang tahun lalu di bulan yang sama. Sebagai sebuah pembaruan, trio iPhone X dengan tambahan embel-embel XS, XS Max dan XR seharusnya membawa peningkatan yang signifikan. Urusan daya misalnya.

Sebagaimana dikutip dari laman Mirror, Senin (1/10), pengulas gadget
Tom’s Guide justru membuktikan hal lain dari klaim Apple soal iPhone terbaru mereka. Lebih spesifik untuk iPhone XS.
Dari hasil pengujian tersebut, Tom’s Guide mendapati iPhone XS memiliki daya tahan baterai lebih pendek dari iPhone X. Hal tersebut jelas bertolak belakang dari klaim Apple tentang ketahanan baterai iPhone X generasi terbaru ketimbang iPhone X versi lama.

Tom’s Guide menempatkan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone X melalui uji ketahanan baterai yang ketat. Tes mengungkapkan bahwa iPhone XS bertahan 9 jam dan 41 menit, sedangkan iPhone XS Max bertahan 10 jam dan 38 menit.
Untuk pengujian baterai, iPhone X ditemukan memiliki daya tahan baterai yang lebih mengesankan dengan perolehan angka 10 jam dan 49 menit. Jelas kan, menurut Tom’s Guide, hasil tes tersebut membuat iPhone X justru lebih baik ketimbang penerusnya, iPhone XS.

“iPhone XS hanya bertahan selama 9 jam 41 menit, sedikit di bawah rata-rata. iPhone X tahun lalu bertahan 10 jam 49 menit pada pengujian yang sama, meskipun ada klaim dari Apple bahwa iPhone XS seharusnya bertahan 30 menit lebih lama,” ujarnya.

Pengujian lebih lanjut menunjukkan bahwa ketiga iPhonejuga memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek daripada model smartphone bikinan kompetitor. Termasuk Samsung
Galaxy Note 9, OnePlus 6, dan Google Pixel 2 XL.