JAKARTA – Pandemi Corona mengubah segala aspek, tak terkecuali traveler yang menjadi tamu atau pelanggan. Ada sekitar 30 perubahan yang dicatat selama beberapa bulan ke belakang.
Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DKI Jakarta, Wita Jacob, yang mengungkapkan perubahan-perubahan ini. Ia tak menjabarkan secara rinci dalam sebuah webinar, yang diadakan Katadata.

Kerja dari rumah akan menjadi kebiasaan baru bagi traveler. Peranan internet dengan aplikasi terkini menjadi lebih penting dan sering digunakan, contohnya aplikasi konferensi video.

Berikut ini 30 perubahan konsumen atau traveler yang menyesuaikan keadaan di pandemi Corona:

1. Jatuhnya mobilitas, tinggal di rumah saja meningkat
2. Belanja online, dari keinginan menjadi kebutuhan akan lebih melebar dan mendalam
3. Pesan antar makanan, dari kesenangan menjadi alat
4. Kembalinya masakan rumah
5. Makanan beku, solusi yang nyaman
6. Menuju universal
7. Mengikuti model yang penting
8. Kembalinya menonton TV
9. Membuat sesuatu sendiri dan merawat diri di rumah
10. Tempat kerja online, bekerja di rumah lewat aplikasi online, contoh Zoom

30 perubahan perilaku konsumen
11. Keseimbangan kerja, tinggal, dan bermain jadi revolusi kehidupan yang baik
12. Abad pengutamaan jaga jarak
13. Gaya hidup tanpa sentuhan langsung
14. Kepercayaan meredup
15. Pelanggan selalu merasa takut
16. Jamu adalah espresso terbaru, atau orang-orang akan lebih memilih jamu dari pada kopi
17. Makanan halal jadi hal yang umum
18. Solusi bayar kemudian
19. Pariwisata masa depan
20. Pengalaman virtual adalah hal besar yang baru

21. Kemunculan virsocial
22. Jam kerja yang lebih fleksibel, dari pukul 09.00-17.00 atau 15.00-02.00
23. Kelahiran generasi Zoom
24. Gaya hidup berbasis cloud
25. Telemedicine, dari kunjungan ke virtual
26. Home schooling secara online
27. Ibadah virtual
28. Kemunculan empati dan solidaritas
29. Dari drone parenting ke asuh anak yang lebih positif
30. Lebih menderita, lebih agamis.

Editor: PARNA
Sumber: detiktravel