TANJUNGPINANG – Perkantoran di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau masih tetap buka, meski ada edaran agar Aparatur Sipil Negera bekerja dari rumah.

Pantauan di pusat pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (23/3/2020), terlihat masih ada sebagian ASN yang masuk kerja dan lengkap menggunakan seragam.

Namun tidak seperti biasanya, ASN yang masuk tidak sebanyak seperti biasanya. Di dalam perkantoran tiap sudut rungan kantor tampak lengang tidak terlihat aktivitas yang mencolok.

Tiap ruangan terlihat hanya ada beberapa pegawai yang tengah bekerja, sementara kursi-kusi lainnya kosong.

“Ya kami masuk kerja di kantor dijadwal, ada yang bekerja di rumah dengan sistem online,” kata Sari, di salah satu ASN di Pemprov Kepri, Senin (23/3/2020).

Namun dikatakan Sari, bagi yang tidak jadwal masuk kantor secara fisik untuk absensi tetap jalan, sebab absensi menggunakan sistem aplikasi yang telah dibuat.

“Kalau yang tidak dapat jadwal masuk kantor dan bekerja di rumah, hanya mengisi absensi melalui aplikasi. Bagi yang bekerja di rumah juga harus menyertakan foto di aplikasi itu,” ujar Sari.

Sementara itu Sekdaprov Kepri TS Arif Fadilah mengatakan, dengan kondisi saat ini, ke depan kemungkinan akan ada kebijakan terkait kinerja ASN Pemprov Kepri.

“Untuk PNS masuk kerja dengan cara penjadwalan. Misalnya hari ini sekian orang dan hari berikutnya sekian orang lagi,” kata Arif.

Hal ini untuk mengurangi berkumpulnya orang dalam satu tempat, selain itu guna meminimalisir penyebaran virus corona.

“Anjuran dan arahan pusat seperti itu, menghindari kegiatan dan tidak berkumpul dalam jumlah besar,” kata Arif lagi.

Nantinya lanjut Arif, BKD akan menyusun penjadwalan masuk kerja bagi ASN di lingkungan pemerintah ini.

“Jangan sampai kosong dan terhenti dalam pelayanan kepada masyarakat,” tegas Arif.

Editor: PARNA
Sumber: batamnews