Kasus virus corona penyebab Covid-19 telah dikonfirmasi positif di lebih dari 90 negara. Sementara, jumlah infeksi telah melewati angka 100.000 di dunia.

Data terbaru hingga Sabtu (7/3/2020) pagi menunjukkan, ada 101.797 kasus yang terkonfirmasi dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 55.866.

Jadi, persentase pasien sembuh dari seluruh infeksi yang dikonfirmasi di dunia adalah sebesar 54,9 persen. Kemudian, kematian yang tercatat adalah sebanyak 3.460 orang atau sebesar 3,39 persen.

Berikut adalah perkembangan terbaru dari kasus Covid-19 di berbagai negara di dunia:

Indonesia

Indonesia pertama kali mengumumkan adanya kasus pisitif Covid-19 pada Senin (2/3/2020). Saat itu, dua pasien dikonfirmasi positif terinfeksi.

Terbaru, Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan dua pasien yang dinyatakan positif virus corona dan mengidap penyakit Covid-19.

Dua pasien tersebut dinyatakan sebagai kasus 3 dan kasus 4. Jadi, total kasus Covid-19 di Indonesia adalah 4 kasus. Semua pasien positif tersebut dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menurut Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, kondisi terakhir pasien 3 dan 4 menunjukkan suhu badan sekitar 37,6 hingga 37,7 derajat celsius.

Keduanya masih mengalami batuk dan pilek. Namun, mereka tidak mengeluhkan sesak napas. “Sehingga, kami berharap kondisi ini bisa diintervensi agar dalam waktu dekat bisa jadi lebih baik,” kata Yuri sebagaimana dikutip Kompas.com, Jumat (6/3/2020).

Kasus baru di Argentina, AS, UAE dan Brazil

Melansir CNN, otoritas kesehatan di Argentina mengumumkan enam kasus baru virus corona pada Jumat (6/3/2020). Total kasus di Argentina pun bertambah menjadi 8 kasus.

Seluruh kasus baru tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara Eropa yang berbeda. Mereka adalah dua orang perempuan dan empat orang laki-laki dengan usia antara 57 tahun hingga 72 tahun. Sementara itu, 282 kasus virus corona baru dikonfirmasi di AS.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 49 kasus di antaranya adalah para pasien yang telah dipulangkan sebelumnya.

Perkembangan lainnnya, Kementerian Kesehatan Uni Arab Emirat mengumumkan 15 kasus baru melalui akun Twitter resminya pada Jumat (6/3/2020). Sejauh ini, tujuh orang dari kasus infeksi Covid-19 di UAE dinyatakan telah sembuh, termasuk dua orang warga negara China.

Kementerian Kesehatan Brazil juga mengumumkan lima kasus baru di negaranya. Jadi, total kasus Covid-19 di Brazil menjadi 13. Dari kasus-kasus yang terkonfirmasi, 10 berada di Sao Pulo, satu di Rio de Janeiro, satu di Erpirito Santo, dan Satu di Bahia.

Kasus pertama di Oklahoma dan Costa Rica Oklahoma mengonfiramsi kasus pertama virus corona. Pasien merupakan seorang laki-laki di usia pertengahan 50 tahun yang tinggal di wilayah Tulsa dan baru-baru ini melakukan perjalanan ke Italia.

Menurut pemerintah Oklahoma, pasien kini berada di isolasi di rumah dan tidak menunjukan tanda penyebaran komunitas di Oklahoma. Kementerian Kesehatan Costa Rica juga mengumumkan kasus pertama di negaranya. Pasien merupakan perempuan berkebangsaan Amerika berusia 49 tahun. Ia masuk ke Costa Rica bersama suaminya pada 1 Maret lalu. Ia dan suaminya tidak menunjukkan gejala apa pun dan keduanya kini berada dalam isolasi.

Editor: PARNA
Sumber: kompascom