Penyebaran virus corona masih menjadi ancaman serius dunia dalam beberapa waktu terakhir. Belum ditemukannya penyebab virus dan metode pengobatannya secara pasti menimbulkan kekhawatiran besar masyarakat. Selain menginfeksi sejumlah negara, virus corona juga membuat sejumlah kapal pesiar dikarantina. Berikut 5 kapal yang dikarantina akibat virus corona dilansir dari berbagai sumber:

1. Diamond Princess Kapal

Diamond Princess telah dikarantina di lepas pantai Yokohama, Jepang sejak 3 Februari 2020 setelah seorang penumpang dari Hong Kong dinyatakan positif virus corona saat turun di Hong Kong. Kapal tersebut mengangkut 2.666 penumpang dan 1.045 awak kapal. Setidaknya ada 621 orang di kapal tersebut yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan dua orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Kedua orang tersebut merupakan pria dan wanita yang berusia 87 dan 84 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Meski seluruh penumpang kapal telah selesai menjalani masa karantina, tapi sekitar seribu awak kapal masih harus menjalani karantina hingga saat ini.

2. MS Westerdam

Kapal Westerdam membawa 1.455 penumpang dan 802 awak kapal dalam pelayarannya menuju Taiwan dan Jepang.

Sempat ditolak di beberapa negara, kapal itu akhirnya berlabu di Sihanoukville, Kamboja pada 13 Februari. Sekitar 20 penumpang diperiksa karena merasa sakit, tapi masih menunjukkan suhu tubuh yang normal. Seorang penumpang wanita berkebangsaan AS berusia 83 tahun dinyatakan positif virus corona setelah terbang ke Malaysia. Saat ini sejumlah penumpang yang berada di kapal dinyatakan negatif, sementara ratusan lainnya yang berada di hotel-hotel tengah menjalani pemeriksaan dan sebagian telah menunjukkan hasil negatif.

3. World Dream

Ribuan orang terjebak di kapal pesiar World Dream yang dikarantina di Hong Kong pada 10 Februari 2020. Kapal yang memuat 3.600 penumpang dan awak kapal itu dikarantina setelah tiga penumpang yang sebelumnya terjangkit virus corona.

Namun, setelah semua penumpang telah diizinkan untuk keluar setelah menunjukkan hasil negatif virus corona. Operasi kapal pesiar tersebut telah ditangguhkan sementara setelah menjalani karantina.

4. Anthem of Seas

Pelayaran kapal Royal Caribbien’s Anthem of Seas dengan tujuan Karibia ditunda setelah beberapa penumpangnya menderita sakit. Dua orang tersebut merupakan satu keluarga yang memiliki riwayat perjalanan ke China.

Kapal tersebut berlabuh di Bayonne, New Jersey pada 7 Februari dan menjalani karantina selama tiga hari. Setelah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan negatif, kapal itu pun kembali melanjutkan perjalanannya pada 10 Februari.

5. Costa Smeralda

Kapal pesiar Costa Smeralda yang mengangkut 6.000 penumpang dikarantina di Civitavecchia, dekat Roma, Italia pada 30 Januari. Karantina tersebut dilakukan setelah pasangan dari China menunjukkan gejala virus corona. Namun, keduanya menunjukkan hasil negatif setelah diperiksa.

Editor: PARNA
Sumber: kompascom