Samsung resmi memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya, Galaxy Z Flip. Ponsel yang mirip dengan ‘kotak bedak’ ini diklaim langsung ludes terjual dalam waktu 66 menit setelah keran pre-order dibuka pada 12 Februari 2020 lalu.

Samsung Galaxy Z Flip mengusung konsep cangkang kerang (clamshell). Melalui konsep tersebut, smartphone ini dapat dilipat secara vertikal, bukan horizontal seperti Galaxy Fold.

Layar lipat Galaxy Z Flip dapat dikunci dalam sudut apapun. Kamu bisa mengunci sudut layar lipat smartphone ini layaknya laptop, membuat Galaxy Z Flip seolah-olah memiliki dudukan kickstand.

Jika kamu mengaktifkan mode kickstand ini, aplikasi yang berjalan hanya berada di bagian layar atas saja. Untuk saat ini, mode tersebut hanya dapat digunakan untuk aplikasi kamera, galeri, dan Google Duo. Namun, Samsung berkata bahwa mereka akan bekerja sama dengan pengembang aplikasi lain untuk menciptakan antarmuka yang memungkinkan penggunaan dua layar ini secara maksimal.

Untuk kalian yang penasaran bagaimana rupa Samsung Galaxy Z Flip, kalian bisa melihat penampakan smartphone-nya lewat galeri foto di bawah ini:

Samsung Galaxy Z Flip (Square)

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

SQR - Galaxy Z Flip

SQR - Galaxy Z Flip

SQR - Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

SQR - Galaxy Z Flip

SQR - Samsung Galaxy Z Flip

Layar utama Galaxy Z Flip mengusung teknologi Dynamic AMOLED seluas 6.7 inci, resolusinya FHD Plus dengan aspek rasio 21,9:9. Di bagian depan terdapat sebuah layar kecil bernama cover display yang berguna untuk menunjukkan status baterai, menampilkan notifikasi, menjawab panggilan telepon, hingga menjadi viewfinder selfie. Layar mungil ini berjenis AMOLED dengan luas 1,1 inci dan beresolusi 300 x 112 pixel.

Menariknya, Samsung membuat layar utama dan cover display tersebut sebagai satu kesatuan yang kontinu. Maksudnya, kegiatan apapun yang kamu lakukan melalui cover display akan dapat langsung kamu lanjutkan apabila kamu membuka layar utama smartphone. Untuk ketahanan layar lipatnya, Samsung mengklaim bahwa Galaxy Z Flip kuat untuk dibuka-tutup hingga 200.000 kali.

Masuk ke aspek fotografi, Galaxy Z Flip dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/2.2) dan kamera wide 12 MP (f/1.8). Kedua kamera belakang ini bisa jadi kamera selfie jika kamu memotret dengan cara melipat smartphone. Adapun untuk kamera depannya, Samsung menyematkan satu kamera beresolusi 10 MP (f/2.4).

Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 Plus dengan varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Smartphone ini dibekali dengan baterai 3.300 mAh dan telah mendukung fitur fast charging serta Wireless PowerShare.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan