Kamis (20/2/2020), Barcelona telah menyelesaikan pembelian Martin Braithwaite, pemain asal Denmark berusia 28 tahun dari Leganes. Pembelian pemain ini tentunya tidak pernah diduga pendukung mereka.

Kepindahan Braithwaite ke Barcelona membuat kaget penggemar sepakbola lantaran penyerang ini dibeli dari klub papan bawah La Liga musim ini. Leganes berada di posisi 19 klasemen sementara–zona degradasi– La Liga.

Sekadar informasi, La Liga memang memperbolehkan klub membeli pemain di luar bursa transfer. Syaratnya, klub tersebut kehilangan pemain karena cedera dengan durasi yang tidak sebentar, yakni minimal lima bulan.

ckb4c9irzuagz3dkemgw.jpg

Pembelian Braithwaite karena dua penyerang andalan Barcelona, Luis Suarez dan Ousmane Demble sedang cedera hingga akhir musim. Blaugrana membeli Braithwaite dengan membayar release clause pemain tersebut sebesar 18 juta euro (sekitar 267 miliar rupiah). Ia telah mencetak 6 gol dari 24 pertandingan bersama Leganes. Harga yang terbilang cukup murah untuk pemain terbaik dari klub tersebut

Menurut laporan Independent, untuk memastikan tidak ada klub lain yang membajaknya, Barcelona telah memasukkan release clause sebesar 300 juta euro (sekitar 4 triliun rupiah) kepada kontrak baru sang pemain. Nilai tersebut hampir 10 kali lipat dari nilai belinya. Braithwaite dikontrak 4,5 tahun hingga tahun 2024.

Nilai jual Braithwaite sekarang lebih tinggi daripada pemain muda potensial, sebut saja Lautaro Martinez dan Erling Braut Haaland yang hanya memiliki nilai jual sekitar 2 triliun rupiah. Langkah Barcelona ini patut diapresiasi, ini adalah cara mereka mengamankan asetnya dari klub lain.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan