Connect with us

Entertainment

Adinia Wirasti Jadi Calon Donor Kornea

Tayang

-

Adinia Wirasti dipercaya menjadi duta dari kampanye ‘Help Them to See’ yang digalakkan oleh Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ). Kampanye tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donasi kornea.

Sebagai duta kampanye ‘Help Them to See’, Adinia Wirasti telah mendaftarkan dirinya sebagai calon donor kornea. Ia punya alasan tersendiri mengapa melakukan itu.

 Adinia Wirasti

“Melihat pentingnya medium visual, saya tergerak untuk membantu mereka yang memiliki kelainan kornea mata agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti,” ujar Adinia lewat keterangan tertulis yang diterima kumparan, Kamis (13/2).

Adinia Wirasti mengaku tergerak untuk turut menyuarakan kebutuhan dari mereka yang punya kelainan kornea. Sehingga, orang-orang yang dibantunya itu punya kualitas hidup yang lebih baik.

Di Indonesia, satu dari 1.000 orang diperkirakan mengalami kebutaan akibat kerusakan kornea. Masalah tersebut dapat diatasi melalui operasi cangkok kornea atau transplantasi.

Hanya saja, jumlah donor kornea yang tersedia dari lokal indonesia masih sangat rendah. Alhasil, Lions Eye Bank Jakarta hadir dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terkait cangkok kornea, sehingga orang yang mendaftar sebagai calon donor semakin meningkat.

Adinia Wirasti, Pemeran Film, Sultan Agung

Melalui caption unggahan Instagram terbarunya, Adinia Wirasti melontarkan ajakan kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai calon donor kornea. Ia juga menjelaskan secara singkat mengenai betapa mudah cara pendaftarannya.

“Tidak sulit untuk menjadi calon donor, cukup mengisi formulir pendaftaran dan ada baiknya memberi tahu orang terdekat. Lapisan kornea akan diambil saat kita sudah tutup usia. Keputusan kita bisa memberikan dampak besar bagi teman-teman kita yang membutuhkan penglihatan,” tulis Adinia Wirasti.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan

Trending