Connect with us

Kepri

Proyek Jembatan Batam-Bintan Masuki Tahap “Review” Desain

Tayang

-

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek Jembatan Batam-Bintan (Babin) tengah dalam tahap pematangan detail desain.

Menurut Basuki, detail desainnya sendiri sudah dibuat oleh Pemerintah Kota Batam. Namun demikian, desatil desain ini masih membutuhkan penelaahan lebih lanjut.

Pasalnya, Jembatan Babin melintasi laut, jadi harus dikerjakan sangat hati-hati.

“Sekarang sudah ada detail desainnya dari Pemerintah Daerah (Pemda), nanti kami review terlebih dulu karena itu melalui laut jadi kami harus hati-hati,” kata Basuki, di Kementerian PUPR, Jumat (10/1/2020).

Untuk merealisasikan jembatan yang dirancang sepanjang 6,79 kilometer tersebut, dibutuhkan dana cukup besar.

Biaya pembangunan jembatan Babin sendiri diperkirakan mencapai Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun dengan skema tahun jamak (multiyears contract).

Basuki melanjutkan, pembangunan Jembatan Babin tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pembangunan Jembatan Babin mulai dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan Jokowi kepada Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto menjelang kepulangan dirinya ke Jakarta dari Bandara Raden Sadjad, Ranai Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Editor: PARNA
Sumber: kompas.com

Trending